Copyright © Ceriabet 2021.
All Rights Reserved.

MIMPI - Memahami Apa Itu Mimpi, Alasan Terjadi dan Arti dari Mimpi

Semua orang tentunya pernah bermimpi. Dan mungkin sebagian dari anda berpikir bahwa mimpi adalah bunga tidur. Namun sebagian lainnya meyakini bahwa mimpi adalah sebuah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan serta berbagai macam indera manusia ketika dalam keadaan tidur.

Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan pastinya akan di luar kendali si pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Ilmu yang mempelajari mimpi disebut oneirologi.

Bagaimana Mimpi Terjadi

Mimpi terjadi pada tahap ketika seseorang tertidur, dimana aktivitas otak tinggi dan seolah-olah dalam keadaan terbangun. Panjangnya mimpi bervariasi, minimal beberapa detik, atau sekitar 20-30 menit. Pendapat mengenai makna mimpi bervariasi berdasarkan waktu dan budaya. Kebanyakan penggemar Teori Freud setuju dengan makna penglihatan dalam mimpi merupakan penampakan dari hasrat dan emosi yang tersembunyi. Beberapa teori lain menunjukkan bahwa mimpi merupakan tahap pembentukan memori, penyelesaian masalah, atau sekedar produk dari aktivasi otak.

Bangun tidur dengan mimpi yang nampak nyata sekali akan membuat pagi Anda terasa berbeda. Bagaimana tidak, tanpa harus beranjak--hanya pergi tidur--Anda seakan dibawa ke petualangan yang terasa benar, bahkan ketika sudah tersadar dari mimpi pun Anda masih terngiang-ngiang. Apalagi beberapa saat sesudahnya, terjadi sesuatu yang tidak disangka. Anda mulai menghubungkan mimpi semalam dengan kejadian itu, kok sepertinya ada hubungan di antara keduanya.

Mimpi Merupakan Sebuah Petunjuk

Tahukah anda bahwa terkadang mimpi juga merupakan sebuah petunjuk. Ini yang perlu Anda ingat baik-baik, karena namanya petunjuk, biasanya ketahuan setelah terjadi sesuatu; yang berarti itu sudah terlambat. Tapi jika Anda bisa mengartikan petunjuk di awal, tentu akan mempermudah langkah Anda selanjutnya.

Well, mimpi bisa berarti macam-macam, tergantung dari kondisi tubuh dan pikiran Anda saat itu. Tidak selalu mimpi berarti petunjuk, bisa juga akibat tubuh yang terlalu letih atau beban pikiran yang ada. Definisi mimpi itu sendiri, kalau menurut Wikipedia nih, adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasan atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (REM sleep/Rapid Eye Movement).

Secara keseluruhan, jika Anda benar-benar merasa mimpi itu sebuah petunjuk, coba saja mencari arti mimpi Anda secara global kemudian hubungkan dengan peristiwa atau hal yang sedang Anda hadapi. Tidak perlu memaksakan arti mimpi, jika memang tidak ada hubungannya dengan kehidupan Anda, mungkin memang benar demikian adanya. Jangan lupa berdoa, karena doa bisa mempertajam intuisi Anda untuk melihat petunjuk dari Tuhan.

Dan apapun mimpi yang sudah anda alami, tetaplah membuka hati anda untuk terus bermimpi, sebab selama ada impian disitu ada harapan... Dan selama ada harapan, akan ada kegembiraan dalam hidup.

Baca Juga: Karma

Kembali Ke Puting